banner 728x250

Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas Satbimas, Polres Kutim Beri Penyuluhan Siang Malam

Sangatta – Tak ada istilah libur ataupun jam kerja bagi anggota Satbinmas Polres Kutai Timur (Kutim), Kaltim, dalam melakukan penyuluhan dan edukasi Kamtibnas kepada masyarakat. Kegiatan banyak dilakukan memberikan penyuluhan-penyuluhan kepda masyarakat, seperti yang dilakukan kepada  komunitas motor Kawasaki Ninja Club ( KNC ) pada malam hari belum lama ini, paginya kembali menyisir kawasan  Folder Pasar Induk yang memang selalu ramai dipadati oleh warga untuk kembali memberikan penyuluhan tentang Kamtibnas kepada masyarakat. Kasat Binmas Polres Kutim, AKP Rina Dwi K. yang ditemui di sela kegiatan menuturkan bahwa giat yang dilakukan tersebut bagian dari tugas yang diemban oleh satuan sebagai salah satu langkah edukasi kepada masyarakat. Selain itu, juga sebagai tindakan preventif untuk mengurangi tingkat kriminalitas ataupun potensi bahaya yang mungkin terjadi akibat kelalaian.

“Sesuai Instruksi Kapolres AKBP Teddy Ristiawan, SH, SIK, MH, Satbinmas terus berupaya melakukan pembinaan, pencegahan dan edukasi semaksimal mungkin ke masyarakat, sesuai tugas pokok kami sebagai mitra masyarakat,” ucapnya. Menurutnya, disasarnya komunitas motor salah satu upaya agar komunitas motor tidak dijadikan komunitas yang berpotensi menjadi salah satu gangguan Kamtibmas. Namun menjadi komunitas yang dapat menjadi mitra polisi dalam mengkampanyekan safety riding dalam berlalu lintas. Dan untuk pagi ini giat binmas khusus dalam edukasi dan himbauan akan potensi bahaya dan tindak kejahatan dari kelalaian yang sering dilakukan oleh warga. Dia juga menambahkan, selain menciptakan hubungan yang baik antara komponen masyarakat lintas etnis dan budaya, SatBimmas juga membuat masyarakat sadar akan adanya kemungkinan ancaman gangguan sehingga dapat waspada dan melakukan langkah antisipatif, menjaga agar kondisi kerawanan tidak dimanfaatkan oleh calon pelaku yang termotivasi, dan menjaga agar masyarakat tidak menciptakan kondisi yang mengundang kejahatan.

“Bimmas berupaya mendorong masyarakat untuk menyelesaikan akar permasalahan sebelum menjadi besar, menciptakan daya tangkal masyarakat terhadap ancaman, mendorong kerjasama dan partisipasi semua komponen masyarakat termasuk pemda dan instansi pendukung lainnya, serta memelihara sistem budaya masyarakat setempat sebagai wujud pranata sosial yang aktif,” jelasnya.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *