banner 728x250

Kapolres Kutim Pimpin Analisa Operasi Keselamatan, Kasat Lantas Sampaikan Kendala

  • Share

TRIBRATAKUTIMNEWS.COM, – Kepolisian Resort (Polres) Kutai Timur, menggelar analisa dan evaluasi terhadap pelaksanaan Operasi Keselamatan Mahakam 2021 dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 diwilayah hukum Polres Kutai Timur, dalam beberapa waktu terakhir ini.

Pelaksanaan analisa dan evaluasi itu dipimpin langsung oleh Kapolres Kutai Timur, AKBP Welly Djatmoko di Mapolres Kutai Timur, Selasa (11/5). Dan diikuti oleh seluruh perwira dirupatama Polres  dan Polsek jajaran Polres Kutai Timur melalui aplikasi Zoom Meeting.

Kapolres AKBP Welly Djatmokomengatakan, aplikasi operasi Keselamatan Mahakam 2021, maupun perubahan perilaku 4 M Kementerian memiliki ketidaksinkronan data dalam sistem pelaporan antar aplikasi.

“Harus dilaksanaan anev (analisa dan evaluasi) mingguan dalam setiap operasi untuk melihat hambatan, maupun kekurangan yang dihadapi dalam setiap pelaksanaan operasi,”kata Kapolres kepada media di Mapolres Malteng, Rabu siang.

Menurut Kapolres, kegiatan analisa dan evaluasi itu merupakan hal yang wajar guna mengetahui hambatan dan tantangan dalam pelaksanaan setiap operasi.

“Kemudian sistem pelaporan melalui aplikasi harus sinkron antara satu dengan yang lain. Pelibatkan personil Polres Maluku Tengah dan Polsek jajaran dalam kegiatan selanjutnya dilaporkan melalui aplikasi yang sudah ditentukan,”jelas Kapolres.

Orang nomor satu di Mapolres Malteng ini mengungkapkan, apabila ada hambatan dan kendala dalam sistem pelaporan agar dikoordinasikan sehingga secara bersama-sama, dan berjenjang dapat dicari solusi.

“Kepada para Kapolsek agar berdayakan Bhabinkamtibmas dalam setiap kegiatan. Dan setiap kegiatan agar dilaporkan melalui aplikasi. Aplikasi perubahan perilaku agar didownload oleh seluruh personil Polsek jajaran,”pintah Kapolres.

Wanita dengan dua melati dipundaknya itu mengingatkan, seluruh jajarannya agar diantisipasi setiap perkembangan situasi dimasing-masing wilayah dan dilaporkan kepada pimpinan agar dapat diambil langkah.

“Pelaksanaan kegiatan penerapan protokol kesehatan agar terus disosialisakan di masyarakat, tanpa terkecuali. Kemudian pantau terus setiap perkembangan kamtibmas diwilayah masing-masing,”tegas Umasugi.

Sementara itu, Kabag Operasional Polres Maluku Tengah, AKP Syarifuddin mengatakan, dalam kegiatan analisa dan evaluasi hari ini ada beberapa atensi yang akan disampaikan untuk menjadi perhatian seluruh jajaran agar dilakukan antisivasi dan dilakukan perbaikan.

” Kegiatan sudah kita laksanakan namun ada kelemahan dalam sistim pelaporan, harus ada pengawasan dari masing-masing Kasatgas. Penggalangan komunitas, kegiatan Operasi Yustisi, kegiatan Pendisiplinan Komunitas dan aplikasi Perubahan Perilaku 3M,”papar Kabag.

Mantan Kasat Sabhara Polresta Ambon ini menambahkan, dalam sistem pelaporan terkendala juga pada jaringan.

“Terutama laporan kerumunan, laporan Operasi Yustisi, kegiatan masing-masing Satgas operasi, data Bansos. Kemudian kita juga dorong anggota untuk dapat berpartisipasi dalam menginput data di aplikasi. Bhabinkamtibmas diwajibkan laksanakan dan laporkan kegiatan penggalangan komunitas setiap  hari,”tandas perwira pertama ini.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *