banner 728x250

Latih Kemampuan Pengamanan, Polres Kutim Laksakan Latihan Dalmas

TRIBRATAKUTIMNEWS.COM, – Dalmas Kerangka Sabhara dan Staf Polres Kutai Timur menggelar pelatihan pengendalian massa dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota pada Rabu, 14 Oktober 2020.

Kegiatan yang digelar di halaman Maporles Kutai Timur tersebut dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Kutai Timur, Kompol Aris Cai Dwi Susanto SIK. MIK.

Indras Budi Purnomo SIK. M.M selaku AKBP Kapolres Kutai Timur melalui Kabag Ops Polres Kutai Timur, Kompol Aris Cai Dwi Susanto SIK. MIK. menyampaikan pelatihan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan anggota dalam menanggulangi aksi unjuk rasa.

“Pelatihan tersebut juga bertujuan untuk melatih fisik anggota serta kesiapan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya di lapangan,” ujar Kabag Ops Polres Kutai Timur, Kompol Aris Cai Dwi Susanto SIK. MIK.

Selain itu, kegiatan pelatihan tersebut juga untuk mengingat kembali gerakan maupun formasi Dalmas, dalam persiapan pengamanan massa dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas lainnya yang terjadi di wilayah hukum Polres Kutai Timur.

Pelatihan tersebut dimulai dari latihan Dalmas awal yaitu tanpa menggunakan peralatan, hingga penggunaan peralatan seperti tongkat, tameng, serta alat lainnya.

Kabag Ops menambahkan bahwa dalam pengendalian massa ini ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan oleh anggota saat di lapangan.

Disebutkan, kegiatan dimulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti gas air mata yang harus sesuai dengan Standart Operational Procedure (SOP) dilapangan.

“Dengan pelatihan ini diharapkan seluruh personel paham dan mengetahui tahapan dalam pengendalian masa serta mampu menerapkannya dilapangan,” tutupnya.

HUMAS POLRES KUTAI TIMUR

Responses (3)

  1. Pingback: about his
  2. Pingback: blote tieten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *