banner 728x250

Pemeriksaan Senpi, Kasi Propam Polres Kutim Cek Guna Antisipasi Penyalahgunaan

TRIBRATAKUTIMNEWS.COM, – Untuk mengantisipasi penyalahgunaan senjata api (senpi), Propam polres Kutim melakukan pemeriksaan senpi milik personil Polres Kutim.

Pengecekan meliputi surat surat-surat senpi dan kebersihan senpi. “Tujuannya untuk memastikan senpi dinas atau yang dipegang anggota siap pakai dan digunakan,” ujar Kasi Propam Polres Kutim IPTU Nur Hadi, Kamis (10/6).

Nur Hadi menambahkan, jika surat-surat dalam kondisi mati maka senpi tersebut akan diambil. “Jika surat senpi maupun kebersihan senpi tidak diperhatikan, maka senpi tersebut akan ditarik. Itu sudah menjadi sanksi bagi anggota,” terangnya.

Mantan Kasium Polres Kutim ini menyebutkan, untuk anggota yang memegang senpi juga harus memenuhi syarat. Seperti lulus ujian psikotes atau psikologi kemudian uji praktek menembak. 

“Itu syarat yang harus dilalui oleh anggota. Nantinya pemeriksaan juga akan dilakukan di tingkat Polres hingga Polsek,” bebernya.

Perwira dengan dua balok dua ini, pemeriksaan senpi juga untuk mengantisipasi penyalahgunaan senpi oleh anggota.

Menurutnya, selama ini sudah banyak kejadian. Seperti senpi digunakan bunuh diri dan menembak hal-hal lain. “Ini jangan sampai terjadi ya pada anggota Polres Kutim,” tegasnya.

Paur Subbag Humas Polres Kutim IPDA Danang Wahyu R. menambahkan, setiap anggota harus disiplin dalam penggunaan senpi. Seperti administrasinya dan psikologi harus sesuai dengan pemegangnya.

“Untuk pemegang senpi tidak ada batasan usia, yang terpenting dia anggota aktif dan psikologinya baik,”

Humas Polres Kutai Timur

Responses (3)

  1. Pingback: ชีทราม

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *